Sunday, May 5, 2024
spot_img
HomeAceh856 Atlet Aceh Bersiap untuk PON 2024

856 Atlet Aceh Bersiap untuk PON 2024

Banda Aceh – Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Aceh mempersiapkan 856 atlet untuk Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI 2024. “Jumlah keseluruhan atlet yang dipersiapkan untuk Tim PON Aceh yakni 856 orang. Mereka akan bertanding untuk 66 cabor,” kata Bachtiar Hasan, Wakil Ketua Umum Bidang Pembinaan Prestasi KONI Aceh, kepada Kutipanberita, Selasa, 23 April 2024. Laut Bachtiar, ratusan atlet itu sebagian sudah mulai berlatih di pemusatan latihan daerah (pelatda) sejak Januari 2024. Atlet lain akan bergabung secara bertahap hingga pelatda terpusat dimulai pada Agustus 2024.

Secara keseluruhan, ada 413 atlet yang mengikuti pelatda sentralisasi, serta 78 pelatih daerah, 12 pelatih nasional, dan 13 mekanik. Totalnya 516 orang.

Pada titik ini, pelatda desentralisasi mengikuti 456 orang, terdiri dari 368 atlet, 73 pelatih, dan 17 mekanik.

Bachtiar, yang juga merupakan Ketua Umum Pengprov Persatuan Atletik Aceh, menyatakan, “Kemudian ada desentralisasi kategori empat untuk cabang nonprioritas yang mencapai 145 orang. Sudah termasuk atlet, pelatih, dan mekanik.”

Dengan demikian, atlet tidak hanya berlatih di Aceh, tetapi juga berlatih di luar daerah karena sarana dan prasarana yang cukup.

Ada beberapa pelatda yang melakukan latihan di luar Aceh, seperti cabor boling, aeromodelling, paralayang, dan paramotor. Mereka juga merupakan atlet kontrak untuk cabang tertentu yang tidak dapat melakukan latihan di Tanah Rencong. “Kami tidak memiliki peralatan, dan mereka memilikinya. Itu penyebabnya.” Bachtiar menambahkan, “Para atlet tersebut juga dapat melakukan uji coba langsung atau uji tanding.”

ARTIKEL TERKAIT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

BERITA POPULER

Recent Comments