Saturday, May 18, 2024
spot_img
HomeAcehSMK Negeri 2 Banda Aceh Jalin Kerja Sama Internasional dengan Kolej Vokasional...

SMK Negeri 2 Banda Aceh Jalin Kerja Sama Internasional dengan Kolej Vokasional Setapak Malaysia

Kutipan Berita (Aceh) – Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 2 Banda Aceh, juga dikenal sebagai SMK Negeri 2, berkolaborasi dengan Kolej Setapak di Malaysia.

Jumat, 3 Mei 2024, di SMKN Negeri 2 Banda Aceh, penandatangan kerja sama dengan kolej dari negeri jiran itu dilakukan.

Dalam siaran pers yang diberikan kepada kutipanberita.com pada hari Sabtu, 4 Mei 2024, Baihaqi MPd, Kepala SMK Negeri 2 Banda Aceh, menyatakan hal ini.

Menurutnya, kolaborasi ini diperlukan untuk mencapai visi sekolahnya untuk menghasilkan sumber daya manusia yang religius, mahir, berkewirausahaan, dan berdaya saing di seluruh dunia.

Baihaqi menyatakan bahwa upaya untuk membina kerja sama dengan pihak-pihak internasional dalam hal pendidikan dan pelatihan teknologi dan vokasi diperlukan untuk mewujudkan visi tersebut.

Kepala SMKN 2 Banda Aceh, Baihaqi bersama pengawas pembina dan dewan guru, foto bersama dengan Pengarah Kolej Vokasional Setapak, Tuan Haji Azlan bin Saat dan tim setelah tukar cendera mata di SMKN 2 Banda Aceh, Jumat (3/5/2024) 

Menurutnya, salah satu contohnya adalah lawatan dari Kolej Vokasional Setapak di Kuala Lumpur, Malaysia, dalam program kerja sama Indonesia-Malaysia.

Kunjungan ini dihadiri oleh 22 tim dari negeri jiran, termasuk salah seorang perwakilan wali peserta didik, kata Baihaqi.

Baihaqi menyatakan bahwa tujuan utamanya adalah menjalin hubungan dan menandatangani NoU (Note of Understanding) dalam hal Techmology Vocational Education and Training (TVET).

Menurut Baihaqi, setelah menyaksikan pembelajaran langsung di bengkel SMK Negeri 2 Banda Aceh, siswa di sekolah menunjukkan semangat belajar yang luar biasa.

Selain itu, dua siswa akan mewakili kemampuan bahasa Indonesia di Paris, Perancis, tahun depan.

Selain itu, program keahlian kejuruan di SMK Negeri 2 Banda Aceh seperti Teknik Ketenagalistrikan (Teknologi Elektrik) dan Teknik Elektronika (Teknologi Elektronik) termasuk dalam ruang lingkup kerja sama yang disepakati dalam NoU.

Selanjutnya adalah teknik pemesinan industri (Teknologi pemesinan), teknik mobil (Teknologi mobil), teknik pengelasan dan fabrikasi logam (Teknologi kimpalan), teknik konstruksi, perumahan, dan desain BIM.

Baihaqi menyatakan bahwa mereka berharap SMK Negeri 2 Banda Aceh juga akan melanjutkan kolaborasi ini di Kuala Lumpur, setelah menerima lawatan dari Kolej Vokasional Setapak.

Tuan Haji Azlan bin Saat, Pengarah Kolej Vokasional Setapak, berharap kerja sama internasional ini dapat meningkatkan dan membangun dunia pendidikan dan pelatihan teknik vokasional yang saling menguntungkan.

Azlan bin Saat menyatakan bahwa mereka telah mencapai kesepakatan untuk merancang, membina, dan melaksanakan program pendidikan yang mendukung pertumbuhan dan perkembangan pengetahuan, kemahiran (keterampilan), dan kepakaran (kompetensi) yang saling menguntungkan bagi kedua belah pihak.

Pengawas Pembina SMK Negeri 2 Banda Aceh, Samsul Bahri S.Pd M.Ed. , dan Ir. T Syakur M.T. , Ketua Komite Bidang Kerja Sama SMK Negeri 2 Banda Aceh, hadir dalam pertemuan tersebut.

ARTIKEL TERKAIT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

BERITA POPULER

Recent Comments